baja ringan kanal u

Mengenal Perbedaan Baja Ringan Kanal U dan Kanal C

Dalam konstruksi bangunan, dikenal dua jenis material yang berfungsi sebagai sambungan atau terusan yaitu baja ringan kanal U atau UNP serta baja ringan kanal C atau CNP. Meski memiliki nama yang mirip, kedua jenis baja ringan ini memiliki beberapa macam perbedaan yang harus diketahui. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Baja Ringan UNP dan CNP Berdasarkan Bentuknya

Bentuk baja ringan UNP dan CNP bisa dibedakan dengan mudah. Sesuai dengan namanya, baja ringan UNP memiliki bentuk melengkung ke bawah dengan bagian atas yang terbuka atau menyerupai huruf U. Sementara baja ringan CNP berbentuk seperti huruf C atau hampir membentuk lingkaran. 

Perbedaan UNP dan CNP Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, baja ringan UNP dan CNP memiliki sejumlah perbedaan. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan singkat mengenai fungsi baja ringan UNP dan CNP di bawah ini.

  1. Fungsi Baja Ringan UNP

Baja ringan kanal U biasanya digunakan sebagai penutup atap yang bisa melindungi material lainnya. Atap yang menggunakan penutup baja ringan UNP memiliki kekuatan yang lebih maksimal dan tahan terhadap segala bentuk benturan maupun goncangan. 

Baja ringan UNP juga dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis atap, utamanya yang menggunakan kaca, seng atau genteng beton pada gudang penyimpanan khusus. 

  1. Fungsi Baja Ringan CNP.

Jika baja ringan UNP sering digunakan untuk penutup atap, baja ringan CNP biasanya dipakai untuk menutup dinding. Selain itu, baja ringan jenis ini juga dapat difungsikan sebagai purlin atau balok dudukan penutup atap untuk menopang berat benda yang berada di atasnya. 

Beberapa jasa konstruksi bangunan bahkan menggunakan baja ringan CNP sebagai material pembuat pagar dengan ukuran yang tinggi.

Itulah sejumlah perbedaan antara baja ringan kanal U dan baja ringan kanal C jika dilihat dari bentuk dan fungsinya. Apabila saat ini Anda sedang melakukan pembangunan atau renovasi rumah, sebaiknya lakukan konsultasi dengan penyedia jasa konstruksi terlebih dahulu mengenai pemilihan jenis material baja ringan yang paling tepat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.