atap polikarbonat gelombang

Pilih Jenis Atap Polikarbonat Sesuai Kebutuhan Rumah Anda

Salah satu hal penting saat membangun rumah adalah memilih material-material yang akan digunakan, termasuk material untuk atap. Anda akan menemukan banyak sekali jenis material atap yang bisa digunakan, akan tetapi jika Anda mencari atap yang bening dan transparan, maka atap polikarbonat gelombang menjadi pilihan yang tepat.

Jenis Atap Polycarbonate

Material polycarbonate memang sudah biasa digunakan sebagai atap bening untuk menggantikan kaca. Atap polycarbonate memiliki karakteristik polimer yang kuat terhadap cuaca dan suhu yang tinggi. Atap jenis ini sering digunakan untuk pencahayaan alami di dalam rumah.

Anda bisa menggunakan atap polycarbonate untuk keseluruhan bangunan rumah, atau bisa juga hanya menggunakan atap ini pada beberapa sisi saja sebagai pelengkap. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan, seberapa banyak cahaya alami yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke dalam rumah.

Atap polycarbonate juga memiliki dua bentuk yang berbeda, yaitu atap gelombang dan atap lurus yang bisa Anda pilih sesuai konsep rumah. Selain bentuknya, atap dengan material polycarbonate juga terdiri dari 3 jenis unsur yang berbeda, yaitu

  1. Solite Polycarbonate

Di antara tiga jenis atap polycarbonate, solite polycarbonate ini memiliki kualitas yang paling rendah dan harga yang cukup murah. Maka tidak heran banyak orang yang terbatas dengan budget lebih memilih menggunakan jenis material atap yang satu ini.

Meskipun kualitasnya tidak sebagus jenis polycarbonate lainnya, atap solite polycarbonate bisa bertahan hingga 5 tahun asal Anda merawatnya dengan baik. Anda juga perlu memasangnya dengan benar dan juga tepat agar tidak menimbulkan kebocoran.

  1. Solarlite Polycarbonate

Solarlite polycarbonate merupakan jenis dari atap polikarbonat gelombang yang kualitasnya lebih baik dari jenis solite polycarbonate. Material jenis ini biasanya digunakan sebagai atap kanopi rumah ataupun atap carport.

  1. Twinlite Polycarbonate

Jenis ketiga adalah material polycarbonate dengan kualitas terbaik yakni twinlite polycarbonate. Tentu kualitas yang baik juga setara dengan harga yang ditawarkan, karena memang jenis yang satu ini memiliki harga cukup mahal. Kualitas bahan twinlite tidak perlu diragukan lagi, bahkan bisa bertahan hingga 15 tahun pemakaian.

Setelah mengetahui jenis-jenis dari atap polycarbonate, Anda juga perlu tahu kelebihan dan juga kekurangan dari jenis atap ini. Tentunya hal ini bisa dijadikan pertimbangan Anda saat akan memilih material atap.

Atap polycarbonate memiliki beberapa kelebihan seperti tahan terhadap benturan benda tumpul, mampu menghalau sinar ultraviolet, ringan dan mudah dipasang, mudah dibentuk, lebih ekonomis, serta ramah lingkungan.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah tidak tahan goresan benda tajam, mudah bocor jika pemasangannya tidak benar, saat hujan bunyinya cukup nyaring, dan mudah menimbulkan noda jika Anda tidak rajin membersihkannya.

Itulah beberapa jenis dari atap polikarbonat gelombang yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.