Cara Penggunaan Deep Fryer

Deep fryer merupakan salah satu mesin penggorengan yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Siapapun dapat menggunakan alat ini untuk menggoreng berbagai jenis makanan seperti : sayur, daging, kentang, dan bahan lainnya. 

Tidak sebatas Mereka yang menggeluti bidang usaha kuliner atau makanan yang dapat menggunakan mesin ini. Anda sebagai pelaku rumah tangga pun juga dapat belajar untuk menggunakan mesin deep fryer.

Berikut ini adalah cara menggunakan deep fryer, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya:

  1. Pilihlah minyak yang bagus dan tepat untuk produk Anda

Pertama pastikan Anda memilih minyak yang bagus dan sesuai dengan produk atau makanan yang akan digoreng. Karena kualitas minyak juga akan mempengaruhi hasil penggorengan. Pastikan tidak menggunakan minyak bekas atau sisa-sisa penggorengan sebelumnya.

  1. Tuangkan minyak ke dalam tangki deep fryer

Sesudah memilih minyak maka yang harus dilakukan selanjutnya yaitu menuangkan minyak ke dalam tangka deep fryer secara penuh. Maksudnya sesuai dengan panduan yang ada biasanya sampai batas garis.

  1. Lakukan pengaturan suhu

Karena sudah dilengkapi dengan pengatur suhu minyak, maka Anda dapat mengaturnya dengan menekan tombol-tombol yang sudah digital.  

  1. Periksalah thermostat

Fitur thermostat deep fryer ini merupakan pengatur suhu minyak jadi, Anda dapat memeriksanya dan mengatur sesuai dengan keinginan. 

  1. Masukkan bahan yang akan digoreng

Setelah mengatur dan memeriksa suhu minyak Anda dapat memasukkan bahan-bahan yang akan digoreng dengan meletakkannya ke basket atau keranjang deep fryer. Karena sudah dilengkapi dengan pegangan maka akan mudah untuk Anda mengontrolnya. Pastikan bahan yang masuk ke basket tidak terlalu over capacity. Jika berlebihan kapasitasnya menyebabkan kematangan yang tidak merata.

  1. Perhatikan waktu penggorengan

Ingat mesin ini sudah menggunakan metode goreng cepat jadi Anda perhatikan waktu penggorengan. Jangan terlalu lama dan jangan terlalu cepat. Pastikan pas dan sesuai dengan tempo yang sudah diatur.

  1. Hasil siap diangkat dan disajikan

Sesudah terlihat matang maka hasil penggorengan siap untuk diangkat lalu ditiriskan dan siap untuk disajikan.

Beberapa langkah di atas dapat dilakukan untuk menggoreng produk bahan makanan yang Anda inginkan. Sekian penjelasan cara menggunakan deep fryer, selamat mencoba. Terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.