ilustrasi griddle

Apa itu Griddle Electric

Griddle Electric ialah salah satu alat pemanggang yang dikombinasikan dengan 2 jenis panggangan sekaligus dalam satu buah produk. Griddle Electric ini digunakan untuk memanggang berbagai jenis makanan seperti steak, sate, ikan, daging dan jenis – jenis makanan lainnya. Bentuk dari pemanggangan ini adalah plat datar.

Alat panggang Griddle Electric merupakan energi listrik, umumnya alat panggang Griddle Electric akan menghabiskan daya listrik sebanyak 2 x 3000 watt dalam setiap penggunaannya. Alat panggang ini sangat cocok digunakan di rumah, hotel, maupun restoran siap saji.

Griddle Electric memiliki ukuran 76 cm x 65 cm x 52 cm dengan berat yang tergantung pada jenis mesin yang digunakan. Selain itu, Griddle Electric terbuat dari bahan stainless steel sehingga mesin sangat mudah diaplikasikan.

Cara Perawatan Griddle Electric

Agar Griddle Electric milik anda awet dan tahan lama, maka anda perlu merawat Griddle Electric dengan sebaik – baiknya. Anda dapat mengikuti petunjuk di bawah ini :

  1. Cabut saklar mesin pemanggang apabila telah selesai digunakan.
  2. Biarkan alat Griddle Electric mendingin lebih kurang 30 menit.
  3. Bersihkan alat Griddle Electric sebelum menyimpan alat tersebut.
  4. Selalu gunakan sarung tangan oven dalam menggunakan Griddle Electric.

Penggunaan Griddle Electric

Penggunaan alat panggang  Griddle Electric ini perlu pengamanan untuk mencegah terjadinya arus balik listrik sehingga menyebabkan kebakaran atau hal lainnya yang tidak diinginkan. Untuk itu berikut beberapa panduan yang perlu anda ikuti untuk menghindari hal tersebut :

  1. Jangan membilas alat pemanggang ini di bawah keran.
  2. Sebaiknya jangan memasukkan cairan apapun ke dalam mesin pemanggang yang sedang digunakan atau berisi komponen kelistrikan. Hal ini untuk menghindari sengatan listrik.
  3. Sebaiknya tidak memodifikasi sambungan yang telah disediakan. Mesin pemanggang Griddle Electric memiliki steker tiga cabang yang dapat diaplikasikan pada stopkontak yang terpolarisasi untuk satu arah.
  4. Sebaiknya stop kontak yang digunakan atau ditempelkan pada dinding agar tidak tercecer atau mudah dijangkau anak – anak.
  5. Hindarkan alat Griddle Electric dari orang – orang yang kurang paham cara penggunaannya kecuali dalam pengawasan orang yang berpengalaman.
  6. Siapkan area yang luas untuk Griddle Electric agar sekitar tidak mudah terbakar.
  7. Jangan hubungkan saklar mesin pemanggang dengan kabel dengan eksistensi yang berbeda. Hal ini dikhawatirkan akan membuat tegangan saluran listrik menjadi tidak searah.
  8. Hindari menggunakan lapisan yang mudah terbakar, seperti plastic, kain atau bahan lainnya yang mudah terbakar.
  9. Apabila alat pemanggang telah mengeluarkan asap hitam maka dengan segera anda harus mencabut saklar penghubung.

Operasikan pemanggang di daerah yang datar sehingga Griddle Electric bekerja lebih efektif.

Leave a Comment

Your email address will not be published.