espresso machine

4 Tipe Espresso Coffee Machine Beserta Harganya

Bagi Anda yang ingin berbisnis coffee shop, sebaiknya kenali dulu tipe-tipe espresso coffee machine sebelum membelinya. Mesin kopi espresso ini jadi peralatan yang krusial untuk bisnis kafe. Di pasaran sendiri ada beberapa jenis mesin kopi espresso yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari manual hingga super-automatic. Agar tidak salah dalam memilih, kenali masing-masing tipenya, yuk!

Tipe-Tipe Mesin Kopi Espresso

  • Super-Automatic

Mesin kopi espresso tipe super-automatic ini cocok untuk Anda yang belum memiliki barista. Tipe mesin super-automatic ini punya banyak fungsi, mulai dari menggiling, memadatkan, hingga memanaskan kopi sekaligus, lho. Tak hanya multifungsi, mesin ini juga sangat mudah untuk digunakan. Namun, siap-siap merogoh kocek agak dalam karena mesin kopi espresso ini dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 30 juta.

  • Automatic

Tipe automatic ini cocok untuk yang mencari mesin kopi espresso berdesain modern. Daya tarik utama dari mesin ini adalah penggunaannya yang praktis dan mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Untuk harganya sendiri sedikit lebih murah, yakni sekitar Rp 5 -10 juta. 

  • Semi-Automatic

Bagi Anda yang budget-nya terbatas, espresso coffee machine semi-automatic bisa jadi pilihan yang pas. Dijual dengan kisaran harga Rp 1 – 2 juta, mesin jenis ini juga bisa digunakan untuk keperluan di rumah, lho. Mesin kopi espresso ini mampu menghasilkan ekstraksi kopi yang berkualitas. 

Selain itu, mesin kopi espresso semi-automatic juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik, seperti portafilter, boiler, dan sebuah lever. Biasanya ada dua jenis mesin kopi espresso semi-automatic yang ada di pasaran, yakni manual control dan programmable doses. 

  • Manual

ingin memiliki mesin kopi espresso dengan desain klasik? Tipe manual bisa jadi pilihan untuk Anda. Umumnya, tipe ini punya fungsi yang lebih lengkap, mulai dari boiler, steam pressure gauge, portafilter, hingga manual lever. Fitur-fitur ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan lamanya ekstraksi espresso. Dari segi harga pun jauh lebih murah, yakni sekitar Rp 1 juta.

Itu tadi 4 tipe espresso coffee machine yang cocok untuk bisnis coffee shop maupun di rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.