buku

Tips Memilih Jasa Percetakan Print Buku Terbaik

Ada banyak jasa percetakan yang dapat Anda pilih untuk jasa print buku dan berbagai urusan cetak mencetak lainnya. Oleh karena itu Anda harus mampu memilih jasa percetakan terbaik dengan hasil yang tidak mengecewakan. Ikuti tips berikut!

Pastikan Kualitas Hasil Cetakan

Periksa kualitas hasil cetakan dari jasa percetakan yang Anda pilih. Anda bisa melihatnya melalui portofolio mereka untuk memastikan hasil kinerjanya selama ini. Selain itu mintalah sampel hasil cetakan agar Anda bisa menilai sendiri kualitas cetakan yang mereka kerjakan. Apabila jasa tersebut memiliki website, langsung periksa via website juga bisa Anda lakukan. 

Setelah melihat seluruh portofolio dari mereka, barulah Anda dapat memberikan keputusan untuk menggunakan jasa mereka maupun tidak. Kenapa Anda perlu memastikan hasil cetakan sebelum menjalin kerjasama dengan jasa percetakan?

Hal itu karena setiap pengguna jasa menginginkan hasil yang berkualitas agar tidak mengecewakan. Bayangkan saja apabila hasil yang dikerjakan tidak sesuai ekspektasi sementara Anda sudah mengeluarkan biaya yang lumayan besar. Oleh karena itu memastikan kualitas cetakan terlebih dahulu adalah langkah yang tepat sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka. 

Pertimbangkan Biaya Percetakan

Biaya percetakan biasanya berbeda antara satu jasa dan lainnya. Meskipun berbeda tapi harga pasarannya tidak terlalu jauh berbeda alias masih dalam batas normal. Hal ini perlu dipertimbangkan apalagi jika Anda memiliki budget untuk memilih jasa print buku yang terbatas. 

Namun jangan pula Anda tergiur dengan tawaran harga miring karena mahal belum tentu baik dan murah belum tentu buruk. Lebih baik teliti dan cerdik dalam menilai kualitas yang harusnya setara dengan biaya yang dikeluarkan karena umumnya harga senantiasa berbanding lurus dengan kualitas.

Oleh karena itulah Anda tidak boleh menjadikan harga sebagai patokan untuk menilai kualitas jasa maupun produk. Hanya saja Anda harus menyesuaikan biaya percetakan dengan budget yang tersedia serta hasil cetakannya. 

Pilih Jasa Percetakan dengan Pelayanan Maksimal

Apapun jenis jasanya, pelayanan menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan. Pasalnya apabila pelayanan yang diberikan tidak maksimal, maka pengguna jasa akan merasa kecewa. Jenis pelayanan yang dimaksud tidak hanya hasil kinerja mereka tapi juga komunikasi para staf pekerja dalam menanggapi pertanyaan pengguna jasa. 

Staf yang cepat tanggap dan ramah akan membuat pengguna jasa merasa lebih dihargai sehingga dapat menjadi salah satu nilai plus jasa percetakan tersebut. Terlebih lagi jika Anda merupakan pebisnis pemula yang perlu berkonsultasi terlebih dahulu mengenai beberapa produk yang ingin dicetak. Hal ini untuk menghindari terjadinya miskomunikasi yang berdampak buruk pada hasil cetak. 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika memilih jasa print buku dan lainnya. Semoga bermanfaat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.