Ilustrasi atap metal

Mengapa Memilih Genteng Metal? Sejumlah Kelebihannya Menjadi Alasan

Atap genteng metal adalah alternatif tepat dipakai untuk atap rumah, tapi ada sejumlah kelebihan yang harus diketahui dari pemakaian genteng ini. Tak heran jika semakin banyak yang jual genteng metal.

Ragam jenis genteng kini sudah semakin banyak dibandingkan sebelumnya yang dibuat dari tanah liat saja. Namun, sekarang sudah kian berkembang material lain yang dapat dipakai sebagai penutup atap. Salah satu di antaranya adalah atap genteng metal.

Mengenal Tentang Genteng Metal

Genteng metal adalah alternatif pengganti genteng keramik, genteng beton, dan jenis genteng konvensional lain. Genteng metal terbuat dari galvanis. Salah satu material atap rumah berbobot ringan dengan kekuatan tinggi, menjadikan atap ini sangat populer dipakai untuk pembangunan rumah, komersial, maupun industri.

Salah satu keunggulan dari atap genteng metal adalah mempunyai banyak varian warna yang dapat disesuaikan keinginan. Banyak yang berpendapat jika genteng metal merupakan jenis atap rumah yang tak punya perawatan dibandingkan atap dengan bahan lain. Hal ini menjadikan genteng metal memiliki minat pasar cukup tinggi.

Kelebihan-Kelebihan dari Genteng Metal

Atap genteng metal tersedia di dalam bentuk susunan vertikal dengan berbagai warna, tekstur, dan desain. Namun, apa saja kelebihan penggunaan genteng metal untuk atap rumah? Berikut ini diantaranya.

  • Daya Tahan Tinggi

Material atap yang satu ini memiliki sifat anti pecah, anti rayap, anti jamur, dan anti api, sehingga dapat dikatakan jika daya tahannya tinggi dan baik. Dengan karakteristik yang seperti itu, dapat dikatakan pula jika genteng metal bisa dipakai sampai berpuluh-puluh tahun.

  • Mempunyai Bobot Bagus

Bentuk genteng metal yang berupa lembaran-lembaran tipis secara otomatis membuat bobotnya menjadi sangat ringan serta tak membahayakan. Sehingga cocok dipakai untuk di daerah-daerah rawan gempa. 

  • Pemasangan Cepat dan Mudah

Genteng metal sengaja dirancang dengan sedemikian rupa oleh produsen sehingga mudah untuk dipasang dalam waktu yang singkat. Cukup dengan membentangkannya secara teratur, kemudian ditancapkan sejumlah sekrup untuk menjadi penahannya. Bahkan genteng ini diklaim mempunyai kemampuan baik di dalam menahan guncangan gempa serta angin kencang. Selain itu, perawatannya pun cukup mudah dan murah.

  • Harganya Murah

Interval harga genteng metal termasuk menengah. Jadi, jika dibandingkan bahan atap rumah lain, tentunya genteng metal menjadi juaranya. Maka dari itu, sekarang jual genteng metal semakin banyak karena semakin banyak peminat dan harganya terjangkau.

  • Pilihan yang Beragam

Pilihan genteng metal ada dalam berbagai macam pilihan warna yang menarik. Hal ini menjadikannya sangat cocok untuk dipasang di rumah dengan desain minimalis, modern, sampai tradisional.

Itulah sejumlah kelebihan dari genteng metal yang menjadi alasan mengapa banyak yang memilihnya sekarang ini. Walaupun mempunyai kelebihan, genteng metal pun punya kekurangan yang salah satunya adalah menyerap panas berlebih sehingga rumah akan terasa lebih hangat. Namun meski begitu, genteng metal tetap dapat menjadi pilihan atap rumah. Jangan lupa untuk membelinya di toko jual genteng metal yang sudah terpercaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.