5 Jenis Mesin Es, Ice Cube Machine Paling Populer

Mesin pembuat es merupakan salah satu peralatan penting di industri yang membutuhkan es batu, seperti hotel, restoran, bar, hingga penyimpanan daging dan ikan. Mesin ini mampu menghasilkan es batu dalam waktu cepat sehingga menghemat waktu dan tenaga. Nah, selain ice cube machine, ternyata ada beberapa jenis mesin es yang kerap dipakai, lho. Apa saja? Berikut ini jenis-jenis mesin es yang perlu diketahui.

Jenis-Jenis Mesin Pembuat Es

  1. Snow Ice Maker

Mesin es pertama adalah snow ice maker. Sesuai dengan namanya, mesin ini berfungsi membuat es salju yang berwarna putih bersih dan punya tekstur lembut. Es jenis ini biasanya dipakai untuk es campur maupun dipadukan dengan berbagai macam minuman.

2. Ice Cube Machine

Mesin yang satu ini bisa dibilang paling populer dan sering digunakan di berbagai sektor, seperti bar, hotel, supermarket, hingga restoran. Mesin es ini mampu menghasilkan es batu berbentuk kubus dalam waktu cepat. Dengan waktu pembuatan yang relatif singkat, operasional bisnis tidak akan terganggu karena kekurangan es. Selain itu, mesin ini mampu menghemat tenaga dan waktu.

3. Flake Ice Maker

Jenis yang ketiga adalah flake ice maker. Mesin ini biasanya digunakan untuk membuat es batu berbentuk pecahan kecil-kecil. Berbeda dari jenis sebelumnya, mesin ini banyak digunakan di industri pengawetan daging ataupun untuk mendinginkan ikan.

4. Ice Scaler

Selanjutnya ada ice scaler yang berfungsi membuat es beku kering. Es yang dihasilkan memiliki bentuk lempengan pipih bersuhu antara -10 hingga -15 derajat. Umumnya es jenis ini digunakan untuk penyimpanan ikan di kapal dengan memanfaatkan air laut. Dengan begitu, ikan tangkapan akan tetap segar.

5. Ice Ball Maker

Berbeda dari mesin es sebelumnya, ice ball maker berfungsi untuk membuat es berbentuk bulat seperti bola. Salah satu keuntungan dari es batu berbentuk bola adalah lebih lambat mencair. Biasanya es jenis ini digunakan untuk campuran minuman beralkohol dan soda seperti cola.

Itu tadi ice cube maker dan keempat jenis mesin pembuat es lainnya yang banyak digunakan di berbagai industri. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.