sous vide vacuum

5 Peralatan yang Dibutuhkan dalam Teknik Memasak Sous Vide Vacuum, Apa Saja?

Memiliki restoran dengan aktivitas yang sangat sibuk, pasti membuat anda pusing dan mau tidak mau anda harus mencari cara agar bisa meminimalkan biaya overhead dan menghemat waktu. Solusi terbaik yang bisa anda lakukan adalah meminta chef untuk mencoba teknik memasak sous vide vacuum.

Apa yang Bisa Dimasak Menggunakan Teknik Saus Vide Vacuum?

Pada umumnya, sous vide paling cocok digunaka untuk memasak daging atau ikan karena suhu yang dibutuhkan cenderung lebih rendah. Namun, teknik yang satu ini juga memungkinkan anda untuk memasak berbagai makanan lainnya, seperti kentang goreng, telur, buah, dan sayuran.

Cara Memasak Menggunakan Teknik Sous Vide

Bahan makanan dimasukkan ke dalam kantong vacuum tertutup, sous vide vacuum bags lalu direndam di air yang suhunya telah diatur sesuai kebutuhan anda. Jadi, pastikan anda mengontrol suhu dengan tepat.

Alat-alat yang Diperlukan dalam Sous Vide

Apa saja peralatan yang diperlukan dalam teknik memasak sous vide? Dibawah ini detailnya:

  1. Tub penyimpanan

Peralatan pertama yang anda butuhkan adalah kotak makanan plastik. Memiliki fungsi untuk menampung air dan memasak makanan anda.

  1. Immersion circulator

Alat ini akan membuat air rebusan anda terus berada di suhu yang stabil dengan cara mengalirkan air melalui gulungan logam yang telah dipanaskan di dalam alat ini. Disisi lain, immersion circulator juga dilengkapi dengan klem yang nantinya dapat diatur dengan mudah untuk dipasang ke bak air.

  1. Vacuum sealer bags

Peralatan sous vide vacuum, vacuum sealer bags berguna untuk menampung bahan makanan anda. biasanya, vacuum bag terbuat dari polyethylene yang diniali aman untuk makanan. Pastikan anda tidka menggunakan pembungkus plastik yang lebih murah, apalagi yang terbuat dari bahan PVC. Karena bahan kimianya dapat larut ke dalam makanan atau hidangan.

  1. Commercial vacuum sealer

Berfungsi untuk mengemas makanan anda sebelum diletakkan ke dalam bak air. Dengan cara, meletakkan seluruh bahan makanan ke dalam kantong tersebut. Selanjutnya gunakan vacuum sealer untuk menyedot udara keluar. Kemudian tutup rapat.

  1. Wajan

Alat ini berguna untuk memberikan efek goreng atau bakar pada makanan anda, atau tergantung jenis makanan yang anda masak.

Manfaat Sous Vide

Manfaat yang akan anda dapatkan ketika memasak dengan teknik sous vide, salah satunya makanan yang dimasak tidak akan overcooked. Sous vide akan membuat makanan berada pada suhu tertentu, sehingga tidak akan membuatnya overcooked.

Selain itu, terdapat sirkulator perendaman yang akan membuat air rendaman tidak dingin dan melebihi suhu yang sudah ditentukan. Dengan begitu, kelembapan makanan dan teksturnya akan tetap terjaga.

Demikian, ulasan singkat mengenai sous vide vacuum yang banyak diterapkan di restoran-restoran, misalnya di restoran komersial.

Leave a Comment

Your email address will not be published.