digital printing

Pilih Percetakan Offset atau Percetakan Digital?

Pertanyaan tersebut seringkali muncul di benak konsumen yang belum banyak memiliki pengalaman di bidang cetak mencetak. Pilihan menggunakan jasa percetakan offset atau percetakan digital bisa sama – sama menguntungkan dan memudahkan jika sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan terkait keputusan atas pilihan tersebut.

Faktor Volume Cetak dan Anggaran

Dua faktor utama yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum membuat keputusan menggunakan jasa cetak offset atau digital adalah faktor volume cetak dan anggaran yang dimiliki. Hal mendasar yang sebaiknya diketahui terkait kelebihan cetak offset adalah harga murah jika digunakan untuk mencetak dengan volume besar.

Artinya konsumen bisa menghemat banyak biaya ketika mencetak dalam volume besar menggunakan metode cetak offset. Akan tetapi biaya bisa jadi justru membengkak ketika metode cetak offset digunakan untuk mencetak dengan volume sedikit. Jika kebutuhan mencetak hanya sedikit, maka pilihan menggunakan solusi cetak digital akan lebih efisien.

Faktor Waktu

Metode cetak offset membutuhkan beberapa proses sebelum menghasilkan produk akhir berupa hasil cetak. Salah satu proses penting yang memakan waktu adalah membuat plat cetak offset. Jika ada kebutuhan mencetak dalam jumlah banyak dengan tenggat yang tidak mendesak, maka cetak offset akan menjadi pilihan yang ideal karena akan membutuhkan biaya yang jauh lebih hemat.

Akan tetapi jika kebutuhan cetak harus segera diselesaikan dalam hitungan menit atau jam dan berjumlah sedikit, maka solusi cetak digital akan lebih efisien. Proses cetak offset akan membutuhkan durasi waktu pengerjaan yang lebih lama untuk memenuhi kebutuhan cetak yang sedikit. Akan tetapi bisa menjadi lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan cetak digital jika dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cetak dalam jumlah atau volume besar.

Faktor Kertas yang Digunakan

Kertas yang bisa digunakan untuk mesin cetak offset tidak selalu sama dengan kertas untuk mesin cetak digital. Mesin cetak offset bisa bekerja dengan kertas berukuran besar hingga A1 atau A0. Sedangkan grammatur kertas yang digunakan juga bisa mencapai 300 gms.

Spesifikasi tersebut berbeda dengan mesin cetak digital. Kebanyakan mesin cetak digital hanya bisa bekerja pada kertas dengan ukuran A3+. Sedangkan ukuran gramatur kertas cetak yang digunakan umumnya tidak lebih dari 270 gsm. Meskipun begitu, kini ada pula mesin cetak digital yang bisa bekerja pada kertas dengan ukuran dan gramatur yang sama dengan mesin cetak offset.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Tiap Metode Cetak

Kelebihan utama dari mesin cetak offset adalah kemampuan cetak dengan volume besar dalam jangka waktu yang singkat. Selain itu, hasil cetak offset akan lebih konsisten jika dibandingkan dengan cetak digital pada jumlah cetakan yang lebih banyak. Sedangkan kelebihan utama cetak digital adalah waktu cetak singkat untuk jumlah cetakan sedikit karena tidak ada proses persiapan cetak seperti pada cetak offset.

Itulah 4 hal penting yang bisa dipertimbangkan calon konsumen yang membutuhkan solusi cetak. Pilihan menggunakan layanan percetakan offset atau digital dapat dipertimbangkan berdasarkan kondisi, situasi dan kebutuhan cetak yang diinginkan konsumen.

Leave a Comment

Your email address will not be published.