atap seng

Berbagai Kelebihan Menggunakan Seng Metal

Seng metal menjadi salah satu jenis genteng yang banyak digunakan terutama oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena penggunaannya yang bisa memberikan banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan jenis genting lain. Lalu, apa saja kelebihan yang bisa Anda rasakan dari penggunaannya?

Berikut ini adalah berbagai kelebihan menggunakan seng metal:

  1. Mempunyai Daya Tahan Tinggi

Keuntungan pertama yang bisa Anda rasakan dari penggunaan jenis genting ini adalah mempunyai daya tahan tinggi. Jika dibandingkan dengan jenis yang lain, genteng yang dibuat dengan menggunakan material seng mempunyai daya tahan yang lebih tinggi. Mengapa demikian?

Hal ini disebabkan karena sifat seng yang kuat dan tidak mudah untuk rusak. Selain itu, genting ini juga tidak mudah pecah bahkan tidak mudah dimakan oleh rayap. Sehingga, hal tersebut menjadikannya sebagai kelebihan seng metal dibandingkan dengan jenis lain. Anda juga bisa menggunakan genting ini hingga puluhan tahun lamanya.

  1. Mempunyai Bobot yang Ringan

Kelebihan yang kedua dari penggunaan jenis genting adalah mempunyai bobot yang ringan. Bahkan, genting ini hanya mempunyai bentuk seperti lembaran saja sehingga akan memudahkan ketika sedang dipasang. Rata-rata bobot untuk 1 lembar atau 1 meter genting ini hanya 7 kg saja. Bobot ini tentunya lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis lainnya terutama beton yang mencapai 60 kg.

Bobot yang ringan tersebut akan memudahkan untuk dibawa dan dipasang. Sehingga, tidak akan menyulitkan ketika sedang dilakukan pemasangan dan membuat waktu pemasangan menjadi lebih cepat.

  1. Cocok Digunakan pada Daerah Rawan Gempa

Sebagai wilayah rawan gempa, ada baiknya masyarakat Indonesia menggunakan berbagai material bangunan yang bisa membuat bangunan menjadi lebih aman. Salah satunya adalah penggunaan genting yang sesuai. Kelebihan lainnya dari jenis genting ini adalah cocok digunakan pada daerah rawan gempa seperti di Indonesia.

Genting ini bisa membuat atap menjadi lebih menyatu dengan bangunan rumah jika dilakukan pemasangan dengan benar. Sehingga, bisa membuat rumah menjadi lebih aman ketika gempa terjadi dan tidak berpotensi menimbulkan runtuhan atap.

  1. Harga yang Terjangkau dan Banyak Varian

Kelebihan yang terakhir dari jenis genteng seng ini adalah mempunyai harga yang terjangkau dan banyak varian seng metal warna. Harga yang terjangkau bisa Anda dapatkan karena sebenarnya material seng ini mempunyai harga bahan baku yang terjangkau. Namun, bukan berarti kualitasnya buruk karena genting ini bahkan disebut lebih berkualitas dibanding jenis yang lain.

Tak hanya itu saja, genting ini juga mempunyai banyak sekali varian warna. Apakah Anda bosan dengan genting yang hanya berwarna gelap dan monoton saja? Kini, hal tersebut bisa dipatahkan berkat adanya genting seng metal yang hadir dengan banyak varian warna. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan pemilihan genting dengan preferensi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.