ilustrasi coffee grinder

Ini Dia Coffee Grinder, Penggiling Biji Kopi Masa Kini

Siapa sih saat ini yang tidak menjadi penikmat kopi? Mungkin hanya sebagian kecil saja tidak bisa menikmati kopi. Selebihnya bisa dilihat sendiri penikmat kopi muncul dari berbagai kalangan mulai dari kelas menengah ke bawah sampai atas. Baik yang masih kecil sampai usia tua memang tidak dipungkiri lagi. Terlebih lagi Indonesia sebagai negara komoditas penghasil biji kopi yang beragam dari berbagai daerah.

Untuk menjadi bubuk kopi yang kemudian diseduh dan dinikmati tentu membutuhkan suatu proses penggilingan dari biji kopi. Pada zaman dahulu penggilingan masih dilakukan secara sederhana dan manual. Semakin ke sini perkembangan teknologi semakin canggih termasuk salah satunya adalah coffee bean grinder.

Mungkin beberapa dari Anda baru mendengar istilah tersebut, untuk lebih jelasnya simak dan ikuti saja penjelasan berikut ini!

Apa Itu Coffee Grinder?

Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang lebih optimal maka perlu yang namanya proses penggilingan. Coffee Grinder di sini memiliki pengertian suatu alat atau mesin yang digunakan untuk menggiling atau menghaluskan biji kopi dengan kadar yang telah ditentukan.

Dengan alat atau mesin tersebut biji kopi akan diekstrak minyaknya, gula, dan asamnya supaya menjadi bubuk kopi yang memiliki citra rasa khas. Grinder sendiri sebenarnya tidak hanya satu jenis saja. Terdapat beberapa jenis grinder yang dapat Anda temukan di kafe-kafe maupun toko khusus mesin tersebut.

Jenis-Jenis Grinder

Di bawah ini adalah beberapa informasi terkait dengan coffee bean grinder, mungkin setelah membacanya Anda tertarik untuk memilih salah satu grinder yang cocok.

  1. Ginder Kopi Manual

Jenis yang pertama yaitu coffee grinder manual yang biasa digunakan oleh Mereka yang menyukai cita rasa kopi khas dan tradisional. Meskipun tidak menumbuknya secara manual sampai benar-benar halus. Namun, dengan grinder manual Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menggiling biji kopi.

  1. Grinder Kopi Listrik

Selanjutnya adalah grinder kopi listrik yang tentunya menggunakan energi listrik untuk pengoperasian alatnya. Alat ini cocok untuk pecinta kopi yang menginginkan penggilingan secara praktis dan cepat. Mungkin biasanya Anda melihat alat ini di kafe-kafe, rumah, atau kantor tertentu.

  1. Burr Grinder

Karena burr grinder memiliki ketergantungan pada dua gerinda maka perputarannya berlawanan. Biji kopi dihancurkan dengan 2 buah pisau selain itu mesin ini mempunyai konsistensi dalam penggilingan.

  1. Grinder Pisau

Jenis ini menggunakan pisau panjang untuk memotong biji-biji kopi dengan cepat. Sayangnya hasilnya kurang konsisten dan hanya beberapa biji bisa tergiling halus. Meskipun memiliki kelebihan mudah penggunaannya, terjangkau, dan mini size.

Sekian informasi mengenai coffee bean grinder, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.