rumah pakai atap genteng metal

Keuntungan Dan Jenis Atap Metal

Setiap orang pastinya memiliki alasan tersendiri mengapa menjatuhkan pilihan pada atap genteng metal. Namun apapun itu alasannya memilih genteng metal memang menjadi pilihan yang tepat mengingat jenis genteng yang satu ini memiliki beragam keuntungan. Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan jenis – jenis genteng metal yang perlu diketahui.

Keuntungan Menggunakan Atap Metal

Memiliki sebuah rumah atau bangunan tentunya semua orang berharap bahwa akan bertahan lama karena dengan begitu maka akan menghemat pengeluaran untuk melakukan perbaikan maupun penggantian. Jika anda menjatuhkan pilihan jenis atap pada atap genteng metal, maka hal tersebut merupakan pilihan yang bijak dan paling tepat.

Hal ini karena genteng metal sendiri memiliki beragam kelebihan atau keuntungan diantaranya yaitu :

  1. Awet

Karena genteng metal terbuat dari logam Maka sangat tahan terhadap guncangan maupun retakan. Jenis atap ini juga tidak akan mengalami penyusutan atau pengikisan. Jika proses pemasangan dilakukan dengan tepat maka penggunaannya akan bertahan lama hingga puluhan tahun.

  1. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrim

Perlu diketahui bahwa genteng metal memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap cuaca. Meskipun terpapar hujan yang lebat dan angin yang kencang maka genteng metal akan tetap kokoh. Begitu juga jika terpapar suhu atau cuaca ekstrem, maka tidak akan mengurangi kekuatan genteng metal tersebut.

  1. Pilihan Banyak

Setiap orang tentunya memiliki selera tersendiri dalam memilih jenis atap. Namun anda tak perlu khawatir karena genteng metal ini memiliki variasi pilihan yang banyak mulai dari warna, model, tekstur hingga desainnya yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan maupun selera masing-masing.

  1. Anti Kebakaran

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa genteng metal dibuat dari material bahan dasar logam yang mana memiliki sifat tidak mudah terbakar. Artinya jika diaplikasikan sebagai atap atau genteng bangunan maka rumah tersebut akan memiliki kelebihan yaitu tidak mudah terbakar ketika terjadi kebakaran.

  1. Bisa Untuk Segala Jenis Bangunan

Tak hanya tersedia dalam berbagai varian pilihan saja namun genteng metal ini juga bisa diterapkan untuk segala jenis bangunan. 

Dengan sederet keunggulan atau kelebihan yang sudah disebutkan di atas maka tentunya sudah sangat jelas bahwa genteng metal memang layak untuk dipilih.

Kenali Jenis – jenis Atap Metal

Jika diatas sudah disebutkan bahwa atap genteng metal memiliki banyak variasi pilihan design, model, warna dan tekstur maka berikut ini adalah beberapa jenis genteng metal yang perlu diketahui.

  1. Genteng Metal Pasir

Memiliki ketebalan mulai dari 0.2mm – 0.4mm serta memiliki keunggulan berupa tahan terhadap benturan serta dapat meredam suhu panas.

  1. Genteng Metal Galvalum

Genteng metal galvalum saat ini sangat populer karena menawarkan banyak sekali kelebihan seperti anti karat, ringan, proses pemasangan mudah dan juga awet.

  1. Genteng Metal Standing Seam

Genteng Metal Standing Seam memiliki pola garis lurus yang modern sehingga sangat cocok untuk diterapkan pada hunian atau bangunan yang sifatnya komersial. Pada proses pemasangan genteng ini juga diterapkan sistem interlock sehingga meskipun terjadi guncangan yang keras tidak akan mengurangi kekuatan genteng itu sendiri.

  1. Genteng Metal Stainless Steel

Terakhir jenis genteng metal yang populer di pasaran yaitu genteng metal stainless steel  yang mana sangat cocok jika diterapkan di daerah yang memiliki cuaca dan suhu yang ekstrim sehingga dapat memberikan perlindungan pada bangunan dibawahnya.

Setelah melihat keempat jenis genteng metal di atas maka tentunya anda sudah memiliki gambaran atap genteng metal manakah yang paling sesuai dengan selera maupun kebutuhan anda masing-masing.

Leave a Comment

Your email address will not be published.