ilustrasi besi

Perbedaan Besi H Beam dengan Besi WF

Balok besi banyak dipergunakan dalam proses konstruksi pembangunan. Terdapat banyak jenis dan variasi balok besi. Salah satunya adalah balok besi H Beam yang seperti huruf H bentuknya dan sepintas mirip dengan balok besi WF. Sehingga, banyak pemilik toko bangunan jual besi H Beam. Padahal terdapat beberapa perbedaannya sebagai berikut.

Perbedaan Dimensi

Biasanya ukuran dimensi besi H Beam adalah 100 mm x 100 mm, sedangkan ukuran dimensi besi WF adalah 200 mm x 100 mm. 

Perbedaan Tampilan

Secara tampilan juga berbeda, meski secara sepintas kadang agak sulit dibedakan. Beda yang paling menonjol itu adalah pada bentuk dasar antara besi WF dan besi H beam . Bentuk besi H Beam lebih mirip huruf H jika dibandingkan dengan bentuk besi WF. Sayap besi WF juga lebih besar ukurannya jika dibandingkan dengan ukuran lebarnya, yang secara ideal harusnya memiliki ukuran dua kali lipat dari lebarnya. Hal ini berkebalikan dengan bentuk balok besi H Beam, yang memiliki ukuran dimensi  lebar serta tinggi yang sama satu sama lain. Jadi perhatikan perbandingan ukuran tinggi dan lebarnya. Jika balok besi tersebut memiliki ukuran yang sama antara lebar dan tingginya, yakni sebagai contoh misalnya berukuran 50 mm x 150 mm, atau 200 mm x 200 mm maka besi balok tersebut adalah balok besi H Beam. Sedangkan jika balok besi WF biasanya memiliki ukuran 400 mm x 200 mm, atau 300 mm x 150 mm.

Perbedaan Penggunaan

Fungsinya juga berbeda. Balok besiĀ  H Beam biasanya digunakan pada konstruksi bangunan-bangunan besar dan gedung-gedung pencakar langit. Sedangkan besi WF lebih banyak dipergunakan untuk konstruksi bangunan yang ukurannya lebih kecil serta tidak terlalu besar seperti untuk suatu rumah hunian ataupun ruko (rumah toko). Hal ini karena besi H Beam memiliki kekuatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan besi WF. Desain ukuran tinggi dan lebar yang sama pada tiap sisinya membuat besi H Beam jadi mempunyai daya tahan yang lebih maksimal apabila dibandingkan besi WF yang rancangannya memiliki lebar dengan ukuran setengah dari tingginya.

Perbedaan Harga

Dari segi harga juga berbeda. Besi WF yang ukuran dimensinya sedikit lebih besar, dijual di pasaran dengan harga  mulai dari 15 ribu Rupiah per kg atau 2,5 juta Rupiah per batang untuk yang ukurannya 150 mm x 75 mm x 5 mm x 7 mm, hingga sekitar 16 ribu Rupiah per kg atau 17 juta Rupiah per batang untuk ukuran 500 mm x 200 mm x 10 mm x 16 mm. Sedangkan untuk besi H Beam berukuran dimensi 100 mm x 100 mm x 6 mm x 8 mm x 6 meter, harganya mulai dari 1,3 juta Rupiah per batang hingga 1,5 juta Rupiah per batang. Lalu untuk yang berukuran 400 mm x 400 mm x 13 mm x 21 mm x 12 meter harganya mulai dari harga 29 juta Rupiah per batang hingga 32 juta Rupiah per batang.

Itulah beberapa perbedaan antara besi H Beam dengan besi WF.

Leave a Comment

Your email address will not be published.